RAMALAN JODOH

BISNIS ONLINE GRATIS

paypermails.com

Selasa, 09 Agustus 2011

Penyebab Telinga Sakit Saat Menggunakan Earphone

Setelah menggunakan earphone selama berjam-jam atau dalam jangka waktu yang lama biasanya seseorang akan merasakan sakit di telinganya. Hal ini bisa saja terjadi karena indera pendengarannya mengalami kelelahan (listener fatigue).
Para peneliti dari University of Colorado baru-baru ini menjelaskan fenomena ‘listener fatigue’ yang terjadi ketika seseorang mendengarkan musik atau suara melalui earphone dalam jangka waktu lama.
Peneliti menuturkan ketika seseorang mendengarkan suara melalui earphone maka tingkat volume secara signifikan menjadi lebih tinggi di kanal telinga tertutup dibanding dengan kanal telinga terbuka. Kondisi ini membuat gendang telinga harus bekerja ekstra keras untuk mengelola volume tersebut dan melibatkan banyak otot-otot di sekitarnya.
Tapi ironisnya volume yang keras ini akan terdengar lebih halus dari yang sebenarnya sehingga seseorang akan berusaha meningkatkan volume suaranya menjadi lebih besar. Kondisi ini bisa membuat gendang telinga menjadi lebih tegang yang memicunya mengalami kelelahan serta rasa sakit.
Solusi yang bisa dilakukan untuk mencegah listener fatigue adalah dengan memberikan lapisan seperti lensa di ujung earbud untuk meredam gelombang tekanan sehingga bisa melindungi gendang telinga.
“Hasilnya bisa melindungi pendengaran ketika otot-otot tersebut sepenuhnya digunakan,” ujar ketua peneliti Stephen Ambrose dari University of Colorado, seperti dikutip dari Menshealth.com.
Cara lain yang bisa digunakan cobalah untuk tidak menutup telinga terlalu rapat saat menggunakan earphone sehingga agak sedikit terbuka yang bisa mengurangi tegangan pada gendang telinga.
Selain itu pada tahun 2006 peneliti dari University of Colorado menemukan bahwa mendengarkan musik dengan volume penuh dari earphone selama lebih dari 5 menit sehari bisa meningkatkan risiko gangguan pendengaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar