RAMALAN JODOH

BISNIS ONLINE GRATIS

paypermails.com

Rabu, 07 November 2012

PENYEBAB GIGI SENSITIF


Memiliki gigi yang sensitif tentu tidaklah menyenangkan, karena membuat gigi terasa ngilu dan cenat cenut saat mengonsumsi makanan atau minuman yang panas ataupun dingin. Jika terkena gigi sensitif bisa jadi salah satu hal ini penyebabnya. Gigi sensitif bukanlah kondisi yang terjadi secara tiba-tiba, tapi membutuhkan proses yang tidak sebentar. Namun seiring bertambahnya waktu, gigi yang sensitif ini mulai menimbulkan gejala yang membuat orang tidak merasa nyaman.
Masalah gigi sensitif bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Berbeda dengan kelainan gigi Gigi sensitif terjadi akibat adanya penipisan lapisan email (lapisan terluar gigi). Akibatnya, lapisan di bawahnya yang disebut dentin (lapisan tengah gigi) jadi terbuka.
Ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya penipisan lapisan email pada gigi, yang dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif, yaitu:
1.      Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam.
2.      Penggunaan bulu sikat gigi yang terlalu kasar atau keras
3.      Penyikatan gigi yang terlalu kuat

Sedangkan dentin terdiri dari tabung-tabung bernama tubula, jika terbuka dan kena rangsangan dingin, panas, manis atau asam akan memicu ujung saraf yang tersambung pada dentin, sehingga menimbulkan rasa ngilu yang tajam. Sayangnya gigi sensitif seringkali tidak dianggap sebagai masalah yang serius.
Ini karena rasa ngilu yang muncul bersifat datang dan pergi. 

Gigi sensitif yang dibiarkan dapat menyebabkan peradangan jaringan pulpa, yaitu jaringan syaraf dan pembuluh darah di dalam gigi. Akibatnya akan menyebabkan rasa sakit yang berkepanjangan, bahkan bisa menyebabkan pada kematian gigi.
Bahkan studi terbaru menunjukkan 45 persen orang di Indonesia menderita gigi sensitif yang mana sekitar 52% di antaranya tidak menyadari kondisi tersebut sehingga tidak memeriksakannya ke dokter gigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar